Karyawan dan Srikandi PLN Icon Plus Sumbagut Buat Aksi Tanam Pohon dan Lepas Benih Ikan di Hari Lingkungan Hidup

Pelayananpublik.id- Sebagai wujud nyata implementasi Green Employee Involvement serta guna meningkatkan jiwa kepeduliaan pegawai PLN ICON PLUS agar terlibat secara aktif sebagai relawan dalam program peduli lingkungan, serta dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Internasional 2024, PT PLN ICON PLUS SBU Sumbagut menggelar kegiatan Green Employee Involvement di Pantai Bokek, Desa Tanjung Selamat, Deli Serdang, Jum’at (7/6).

Program Green Employee Involvement merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN ICON PLUS SBU Sumbagut yaitu merupakan wadah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan pegawai PLN ICON PLUS dengan menjadi relawan aktif dalam berbagai program sosial dan lingkungan perusahaan.

Pada tahun ini, program tersebut berfokus pada penanaman bibit pohon ketapang dan mahoni sebanyak 60 pohon, pelepasan 2000 benih ikan nila dan penyerahan tong sampah, serta pembersihan dan pengolahan sampah di kawasan sungai.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Tanjung Selamat, Sapi’i Andinata, BPD (Badan Permusyawaratan Dasa)dan beserta jajarannya.

Arahan Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyampaikan kegiatan di hari lingkungan hidup ini sebagai wujud komitmen PLN Icon Plus dalam upaya pelestarian lingkungan, hal ini sejalan dengan visi percepatan transformasi energi hijau yang di canangkan Pemerintah Indonesia.Dengan kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

General Manager PLN ICON PLUS SBU Sumbagut, Ajun Muhammad Imanto, dalam hal ini diwakili oleh Manager Penjualan dan Aktivasi Retail, Rio Wawit Widyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah komitmen PLN ICON PLUS dalam menjaga serta melestarikan lingkungan secara berkelanjutan.

“melalui kegiatan PLN Peduli Lingkungan, dimulai aksi dari penanaman pohon yang dapat berperan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, menambah kawasan hijau, menjaga kualitas air tanah serta mengurangi efek langsung sinar matahari,”ucap Rio.

Selain menanam pohon penebaran benih ikan juga untuk meningkatkan produksi ikan dan harapannya ikan tersebut di jaga kelestariannya,sehingga dapat memberikan manfaat bagi penduduk sekitarnya,”sambung Rio

“Setiap sampah yang kita angkat, setiap sudut pantai bokek dan sekelilingnya yang akan kita bersihkan adalah langkah nyata untuk menjaga keindahan dan kelestarian lingkungan. Ini bukan hanya tentang membersihkan tetapi juga tentang membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan bagi generasi mendatang,”pungkas Rio.

Rio mengajak semua elemen yang terlibat dalam kegiatan ini untuk bersama – sama dengan semangat gotong royong, bahu – membahu untuk mengembalikan keindahan pantai bokek dan sekelilingnya agar dapat memberikan perubahan bagi masa depan lingkungan kita.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Tanjung Selamat, Sapi’i Andinata menyampaikan ucapan terima kasih yang luar biasa kepada PLN ICON PLUS SBU Sumbagut karena telah melaksanakan kegiatan peduli lingkungan di sekitar pantai bokek.”tutup Rio

“Dalam kesempatan yang luar biasa ini, selain ucapan terimakasih kami juga menyampaikan syukur telah memperindah tempat wisata Pantai bokek, semoga hasil peduli ini akan kami sosialisasikan kepada masyarakat supaya tidak membuang sampah sembaranagan,” ucap Sapi’i.

Ia berharap kolaborasi dan sinergi elemen masyarakat dan PLN ICON PLUS terus berjalan, yang nantinya dapat terus bekerja sama dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.

Sementara itu, koordinator lapangan yang juga Srikandi PLN Icon Plus, Maria Juliana Lumban Gaol mengungkapkan antusiasme seluruh pegawai dan elemen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini. Ia menyampaikan kegiatan serupa sudah menjadi hal biasa yang dilakukan, namun kali ini sampah yang dikumpul harus diolah kembali untuk dijadikan produk baru.

“Program ini merupakan kesepakatan kita bersama tentunya dalam mengurangi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Sebagian besar sampah yang kami kumpulkan adalah sampah plastik, rencana akan kami kumpulkan, kemudian dapat dimanfaatkan kembali menjadi bahan dasar seperti pembuatan kerajinan, atau bisa menjadi barang daur ulang yang bernilai jual,” ucap Maria.

Kegiatan yang diikuti oleh 100 pegawai PLN ICON PLUS beserta seluruh elemen masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan sampah dari tiga titik lokasi dengan berat total 300 Kilogram. (*)