Sinergi Berdayaubah jadi Kunci Perhelatan Munas ke-2 Ivendo

Pelayananpublik.id- Setelah melalui beberapa kali penundaan akibat pandemi Covid-19, akhirnya Asosiasi Dewan Industri Event Indonesia (IVENDO) menggelar MUNAS NASIONAL ke-2 (disingkat MUNAS-2) secara luring di Jakarta pada tanggal 25-26 Mei 2022.

Meski dalam usianya yang baru 3,5 tahun, IVENDO kini telah menjelma menjadi organisasi profesi yang tidak saja diakui keberadaannya namun juga dirasakan wujud karya nyatanya di tanah air.

Jumlah kepengurusan daerah IVENDO kini telah ada di 18 propinsi dan tahun 2022 ini adalah masa akhir kepengurusan tiga-tahunan DPP IVENDO periode perdana.

Menurut Mulkan Kamaludin, Ketua Umum DPP IVENDO, periode perdana bahwa paling tidak ada 2 (dua) hal penting dan strategis yang harus dicapai dari penyelenggaraan MUNAS-2 ini, yaitu: memilihKetua Umum dan Kepengurusan Organisasi yang baru. Membangun kembali komitmen para anggota organisasi untuk terus bersatu, bersinergi dan berbagi peran dalam upaya memajukan industri event dan pariwisata di Indonesia.

Rangkaian kegiatan MUNAS-2 IVENDO sejatinya sudah dimulai dari awal tahun 2022 ini. Dari kegiatan Bakti Sosial, Webinar Industri Event, Penyelenggaraan Sertifikasi MICE Gratis untuk anggota dan puncaknya adalah Penyelenggaraan Seminar Pariwisata dan Dialog Interaktif bertajuk “Event Tourism for The Future of Tourism Industry in Indonesia” yang menampilkan keynote speaker Menparekraf RI, Sandiaga Uno.

Acara ini juga menghadirkan para narasumber yang mewakili segmen pasar Event Tourism yaitu Festival, Entertainment, Sport, Bisnis & Event Support.

“Pandemi telah memberikan pelajaran berharga bahwa kita harus meningkatkan teknologi digital, mendorong penyelenggaraan event yang ramah lingkungan, kesehatan dan CHSE. Dan segala upaya pemulihan pariwisata akan berpusat pada event. Oleh sebab itu kita harus mendorong penyelenggaraan event dari tingkat desa sampai nasional yang memberikan kontribusi positif yang hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas. Untuk mewujudkan hal itu jangan lagi pakai EO-EO yang bukan EO Indonesia”, demikian arahan Sandiaga yang hadir secara live via Zoom.

Harry D. Nugraha, Sekjen IVENDO periode perdana juga menambahkan, bahwa inklusivitas Pariwisata itu adalah sebuah keniscayaan. Dan Sinergi yang berdayaubah adalah Pakta Integritasnya. Maka tak heran dalam sesi Dialog Interaktif MUNAS-2 dihadirkan para narasumber yang mewakili segmen-segmen pasar event tourism yang dimaksud.

Sidang Pleno MUNAS-2 IVENDO secara musyawarah menetapkan kembali Mulkan Kamaludin menjadi Ketua Umum dan Ilyas Miki Balilah sebagai Sekretaris Jenderal IVENDO untuk periode 2022-2205. Untuk selanjutnya Ketua dan Sekjen akan membentuk kepengurusan yang baru. (*)