Cara Mencegah Jamur Ganoderma Menggunakan Teknologi CHIPS®

Pelayananpublik.id- Hama berupa jamur Ganoderma memang meresahkan para petani sawit. Pasalnya hama jenis cendawan ini bisa mengurangi produksi buah hingga membuat pohon sawit tidak berbuah lagi.

Cendawan yang bersifat patogen tersebut pada umumnya menyerang tanaman kelapa sawit yang waktu peremajaan generasi kedua & ketiga, bahkan saat ini Ganoderma justru ditwmukan di generasi pertama.

Propadu Konair Tarahubun (PKT), Supeno Surija, Ph.D menyebut Ganoderma bisa jadi mengganas dikarenakan pemakaian pupuk dan bahan kimia dalam kurun waktu lama.

Dampak lanjutannya jumlah predator alami jamur Ganoderma menjadi berkurang di dalam tanah sehingga keseimbangan tanah tidak lagi terjadi. Inilah yang membuat Ganoderma dapat berkembang leluasa.

Namun saat ini petani sawit tak perlu terlalu khawatir karena sudah ada teknologi yang bisa mencegah tanaman terkena Ganoderma.

Supeno yang juga Head of Research untuk Plantation Key Technology (PKT-USA) itu mengatakan kini Ganoderma bisa ditangani dengan teknologi CHIPS.

Ia mengatakan penanggulangan masalah Ganoderma telah dimulai PT PKT semenjak lima tahun lebih melalui serangkaian riset terpadu.

Riset penelitian yang mendalam dan komprehensif inilah yang menghasilkan teknologi CHIPS® atau Colony Highly Invasive Protection System.

Sebagai informasi, CHIPS® adalah produk hayati yang mengandung Trichoderma,spp. dan beragam jenis mikroorganisme dengan beragam fungsi.

Formulasi organik dan gabungan dari beberapa jenis dan strain mikroorganisme dengan estimasi jumlah 6×10 pangkat 7 sampai dengan 2×10 pangkat 8 CFU.

Trichoderma yang berdiri sendiri dapat berhasil pada skala laboratorium namun praktek di lapangan masih tidak mampu mengalahkan Ganoderma sawit sehingga beberapa jenis Strain mikroorganisme pada CHIPS® dipersiapkan dengan sistem Colony Complex, dimana mikroorganisme ini akan membentuk koloni yang dilengkapi dengan logistik sehingga dapat bekerja sama dalam mencegah dan menyerang patogen.

Keadaan ini yang nantinya akan membuat Ganoderma bisa dikendalikan, karena beragam koloni mikroorganisme berkualitas baik ini mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang keras.

Strain – strain mikroorganisme pada CHIPS® berbeda dengan produk lain, dimana dapat berfungsi efektif di lapangan, tidak hanya pada laboratorium.

Bisa dikatakan setiap fungsi mikroorganisme itu dapat membantu proses pengendalian Ganoderma, produksi enzim dan suplai makanan.

CHIPS® dapat dikategorikan sebagai Vaksin Ganoderma boninense. Vaksin jamur ini merupakan generasi teknologi tertinggi dan ramah lingkungan sehingga penyakit Busuk Pangkal Batang (BSR/Basal Stem Rot) dapat disembuhkan.

“Selain untuk mengendalikan Ganoderma, CHIPS® juga dapat digunakan untuk mencegah perkembangan Ganoderma. Boleh dikatakan kami yang pertama berhasil memperoleh penghargaan MURI sebagai penemu Vaksin Ganoderma pertama di dunia yang membuat Vaksin Ganoderma,” terangnya.

Saat in banyak petani yang belum menggunakan CHIPS sebagai pencegahan jamur Ganoderma. Namun sebagian sudah mengetahui bahkan telah memanfaatkan teknologi tersebut.

Untuk pengendalian Ganoderma, pekebun dapat menggunakan produk CHIPS® yang terbagi atas CHIPS® 2.1 dan CHIPS® 2.2 yang berfungsi untuk mengobati serangan Ganoderma pada pohon sawit dan mencegah serangan infeksi dari luar pohon.

Adapun beda CHIPS® 2.1 dan CHIPS® 2.2 adalah fungsinya. CHIPS® 2.1 berfungsi untuk membunuh dan menghambat perkembangan Ganoderma serta menyehatkan kembali tanaman yang terserang Ganoderma.

Caranya memperbaiki jaringan akar dan saluran nutrisi pohon sehingga daun tombak dapat terbuka dan tanaman kembali menghasilkan buah sawit. Rata-rata dosis CHIPS® 2.1 sebanyak 3 kilogram per pohon.

Sementara CHIPS® 2.2 berfungsi membentengi tanaman dari serangan Ganoderma. Dosis yang diberikan berjumlah 50 gram per pokok. Produk CHIPS® berbentuk cairan, semi-solid, maupun powder, yang akan disesuaikan dengan varietas Ganoderma yang akan ditanggulangi (custom-made).

Yang membuat CHIPS berbeda m dengan Biopestisida lainnya, adalah CHIPS® tidak mengandung unsur kimiawi. Itu sebabnya, menurut Roderick, selama proses pengendalian Ganoderma agar mikroorganisme baik ini dapat bertahan, maka disarankan untuk tidak menggunakan pupuk atau bahan kimia seperti urea, NPK, dll.

Sebagai pengganti pupuk kimia adalah MOAF® atau Multi Organic Alkali Fertilizer yang merupakan pupuk organik. Pupuk MOAF® sendiri merupakan pupuk organik yang tidak meninggalkan residu perusak ekosistem dan merupakan satu-satunya pupuk organik unggulan yang memenuhi standar bebas dioksin (dioxin free).

Dalam kurun waktu tiga bulan setelah pemakaian, maka fruiting body Ganoderma boninense yang awalnya segar kemudian membusuk dan hancur. Selain itu, tidak hanya matinya Ganoderma boninense, tetapi nilai tambah dari penggunaan produk ini adalah pertumbuhan pohon yang sangat berbeda nyata seperti terbukanya daun tombak, akar baru yang bermunculan, serta peningkatan produksi pasca aplikasi pupuk MOAF® dan CHIPS®.

Senagai informasi, CHIPS® adalah teknologi mutakhir formulasi organik yang merupakan gabungan dari beberapa jenis dan strain mikroorganisme seperti Trichoderma dan jenis lainnya dengan estimasi jumlah 6×107 s/d 2×108 CFU.

Adapun kandungan dalam Ganoderma adalah beragam mikroorganisme dengan fungsi yang berbeda-beda,:

– Mikroorganisme yang berfungsi menekan laju pertumbuhan Ganoderma.

– Mikroorganisme yang berfungsi melakukan lisis (pemecahan sel).

– Mikroorganisme yang memproses bahan logistic untuk digunakan mikroorganisme pada CHIPS®.

– Mikroorganisme yang menghasilkan energi untuk mikroorganisme lain yang sedang bekerja.

– Mikrooganisme yang menjaga keseimbangan rasio mikroorganisme CHIPS®.

– Mikroorganisme yang mengandung enzim yang berfungsi merusak dinding sel patogen Ganoderma.

– Mikroorganisme yang berperan sebagai parasit untuk menembus dinding sel.

– Mikroorganisme yang menghasilkan zat seperti alametichin, paracelsin dan trichotoksin.

– Mikroorganisme yang berfungsi untuk merusak permeabilitas membran sel.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi website www.pkt-group.com atau menghubungi whatsapp 0821-2000-6888.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *