Pengertian MYOB, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya Dalam Akuntansi

Pelayananpublik.id- Ungkapan Mind Your Own Bisnis (MYOB) mungkin sering Anda temukan dalam percakapan di media sosial dan dunia akunting. Biasanya ungkapan ini dinyatakan untuk memperingatkan orang agar tidak ikut campur dalam suatu urusan atau masalah.

Biasanya orang yang tidak senang diurusi akan mengatakan “mind your own business!” untuk menyatakan agar orang tersebut tidak ikut campur.

Namun kali ini kita bukan akan membahas isitilah MYOB dalam dunia sosial melainkan dalam akuntansi.

Dalam ilmu akuntansi, MYOB adalah mengelola transaksi keuangan kita sendiri dengan memakai paket program komputer.

MYOB Accounting adalah paket program komputer yang digunakan untuk olah data akuntansi dan dibuat secara terpadu (integrated software). Fungsinya mengerjakan siklus akuntansi dan menghasilkan laporan keuangan.

Manfaat MYOB

Program MYOB tentu berguna bagi administrasi dan bidang akuntansi dalam sebuah perusahaan. Adapun manfaa MYOB dalam menjalankan administrasi keuangan perusahaan adalah sebagai berikut

1.  Sebagai alat bantu orang – orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi

2.  Bisa menghemat waktu saat mengelola dan menjalankan pembukuan

3.  Membuat pengguna lebih mengerti dalam bisnis

4.  Membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi – semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.

5. Mengelola barang dagangan

6. Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan dan sebagainya.

Kelebihan MYOB Accounting

– Lebih mudah dimengerti dan digunakan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan khusus akuntansi

– Lebih mudah dioperasikan dan dapat diterapkan pada berbagai jenis usaha.

– Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat. Terdiri dari berbagai jenis laporan keuangan dibuat secara otomatis, meliputi : neraca saldo, neraca, laporan rugi laba, dan sebagainya yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan

– Program ini bisa menampilkan data secara cepat dan mudah.

– Data aman karena ada sistem sekuriti yang memadai yakni dengan menggunakan Password yang dapat ditentukan dalam beberapa level.

– Laporan keuangan dapat diaktifkan baik dengan Microsoft Excel maupun Word.

– Laporan keuangan komparasi, Menyajikan laporan keuangan komparasi baik neraca, laporan laba rugi maupun penjualan dengan data historis bulan lalu atau tahun sebelumnya.

Kekurangan MYOB Accounting

– Fitur Pelaporan Perpajakan Indonesia Tidak Ada

Karena merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh Australia, maka dari itu beberapa fitur masih mengadopsi Australian style, seperti fitur perpajakannya.

Sehingga bagi anda yang ingin menghitung pajak dan juga pelaporan pajak, anda harus menggunakan software lainnya untuk melakukan penghitungan pajak perusahaan anda.

– Hanya Bisa Diterapkan untuk Satu Perusahaan

MYOB hanya cocok untuk digunakan oleh pebisnis yang hanya memilki satu perusahaan saja.

– Tersedia Hanya Dalam Bahasa Inggris

Program ini belum dilengkapi dengan fitur multibahasa dan hanya menggunakan Bahasa Inggris

– Format Neraca Keuangan Australia

Format neraca keuangan dalam program ini adalah neraca keuangan Australia, sehingga hal ini cukup merepotkan, karena format neraca keuangan yang umum digunakan di Indonesia berbeda dengan format neraca keuangan di Australia.

– Belum Mendukung Multi Currency

MYOB juga ternyata belum mendukung multi currency, sehingga anda harus melakukan konversi mata uang terlebih dahulu sebelum memasukkan transaksi yang sudah anda lakukan.

Demikian ulasan mengenai MYOB dalam transaksi keuangan, mulai dari pengertian, manfaat hingga plus minusnya program tersebut. Semoga menambah wawasan Anda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *