Ulasan Lengkap Mengenai Teks dan Jenisnya

Pelayananpublik.id- Naskah identik dengan kata teks. Teks sendiri memiliki banyak jenis mulai teks naratif, ekspresif dan lainnya.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita tilik terlebih dahulu pengertian teks.

Pengertian Teks

Teks menurut KBBI adalah naskah yang berupa a kata-kata asli dari pengarang; b kutipan dari kitab suci untuk pangkal ajaran atau alasan; c bahan tertulis untuk dasar memberikan pelajaran, berpidato, dan sebagainya: peringatan itu didahului dengan pembacaan.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Berikut beberapa pendapat ahli mengenai pengertian teks:

1. Alex Sobur (2004: 53)

Menurut Alex Sobur, teks adalah seperangkat tanda yang ditransmisikan dari seorang pengirim kepada seorang penerima melalui medium tertentu atau kode-kode tertentu.

2. Luxemburg

Pengertian Teks adalah sebuah ungkapan yang memiliki isi, sintaksis pragmatik, dan itu semua menjadi sebuah kesatuan yang menjadikan teks memiliki makna yang menjadi sebuah penjelasan akan sebuah hal.

3. Eriyanto, (2001: 3)

Eriyanto berpendapat teks hampir sama dengan wacana, bedanya kalau teks hanya bisa disampaikan dalam bentuk tulisan saja, sedangkan wacana bisa disampaikan dalam bentuk lisan maupun tertulis.

Jadi bisa disimpulkan teks adalah satuan lingual yang dimediakan secara tulis atau lisan dengan tata organisasi tertentu untuk mengungkapkan makna secara kontekstual.

Istilah teks dan wacana dianggap sama dan hanya dibedakan dalam hal bahwa wacana lebih bersifat abstrak dan merupakan realisasi makna dari teks.

Struktur Teks

Struktur teks adalah tata organisasi teks, yaitu cara teks disusun. Sebuah teks ditata sesuai dengan jenisnya.

Misalnya, teks prosedur mempunyai sruktur teks tujuan yang akan dicapai langkah-langkah; teks laporan mempunyai struktur teks pernyataan umum/klasifikasi anggota/aspek yang dilaporkan.

Jenis Teks dan Strukturnya

1. Teks Diskursif

Teks diskursif afalah teks yang mengaitkan fakta secara bernalar. Adapun unsur dalam teks diskursif adalah
– Isu
– Pernyataan umum
– Urutan alasan logis
– Pembuktian Ilmiah
– Pendapat ahli
– Kesimpulan

2. Teks Ekspresif

Teks ini mengungkapkan perasaan dan pertimbangan dalam diri pengarang.

– Isu
– Argumen pengarang
– Deskripsi situasi

3. Teks Anekdot

Teks anekdot adalah jenis teks yang berisi peristiwa-peristiwa lucu, konyol, atau menjengkelkan sebagai akibat dari krisis yan ditanggapi dengan reaksi. Anekdot mempunyai struktur teks :
– abstraksi
– orientasi
– krisis
– reaksi
– koda

4. Teks Eksemplum

Jenis teks eksemplum berisi rekaan insiden yang menurut partisipannya tidak perlu terjadi. Secara pribadi, partisipan menginginkan insiden itu dapat diatasi, tetapi ia tidak dapat berbuat apa-apa. Struktur teks nya adalah :
– abstrak
– orientasi
– insiden
– interpretasi
– koda

5. Teks Eksposisi

Jenis teks yang berfungsi untuk mengungkapkan gagasan atau megusulkan sesuatu berdasarkan argumentasi yang kuat.

Teks ini berbeda dengan teks diskusi yang berisi dua sisi argumentasi; teks eksposisi hanya berisi satu sisi argumentasi: sisi yang mendukung atau sisi yang menolak. Struktur teksnya adalah :

– pernyataan pendapat (tesis)
– argumentasi
– penegasan ulang pendapat

6. Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah yang menggambarkan keadaan (sifat, bentuk, ukuran, warna, dsb) sesuatu (manusia atau benda) secara individual dan unik.

Teks ini mengutamakan hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya. Struktur teks nya adalah:

– pernyataan umum
– uraian bagian-bagian.

7. Teks Diskusi

Jenis teks ini berisi materi berupa tinjauan terhadap sebuah isu dari dua sudut pandang yang berbeda, yaitu sisi yang mendukung dan menentang isu tersebut. Adapun struktur teksnya adalah:

-Isu
– Argumentasi
– Argumentasi yang menentang
– Kesimpulan/rekomendasi

8. Teks Naratif

Teks naratif sering juga disebut teks rekaan. Teks jenis ini berisi komplikasi yang menimbulkan masalah yang memerlukan waktu untuk melakukan evaluasi agar dapat memecahkan masalah tersebut. Teks naratif umumnya dijumpai pada dongeng, hikayat, cerita pendek, atau novel. Struktur teksnya adalah
– abstrak
– orientasi
– komplikasi
– evaluasi
– resolusi
– koda

9. Teks Negosiasi

Nah, sesuai namanya, teks negosiasi ini berisi proses tawar-menawar dng jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yg lain. Struktur teksnya adalah :
– pembukaan
– isi
– penutup.

Demikian ulasan mengenai pengertian teks, jenis dan strukturnya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)